Subscribe:

Rabu, 15 Februari 2012

MMK pembelajaran inovatif


Pembelajaran inovatif
·         Pembelajaran inovatif adal­­ah pembelajaran yang dirancang oleh guru, yang sifatnya baru, tidak seperti biasanya dilakukan dan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku kearah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.

Tujuan pembelajaran inovatif
·         Memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku kearah yang lebih baik
Potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa
sesuai


Teori yang mendasari pembelajaran inovatif
·         Teori kognitif
o   Lebih mengandalkan pikiran dan konsep dasar yang dimiliki siswa
·         Teori humanistik
o   Proses belajar terjadi karena komunikasi personal
·         Teori gestalt
o   Unsur-unsur yang terlibat dalam proses belajar tidak terpisahkan tetapi merupakan totalitas dalam membentuk medan belajar.
Perubahan paradigma pembelajaran
·         Lama
o   Proses penyampaian materi pembelajaran, atau memberikan stimulus sebanyak-banyaknya kepada siswa

·         Baru
o   Proses mengatur lingkungan agar siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya.
Proses pembelajaran
·         Sebagai suatu sistem proses pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang satu sama lain saling berinteraksi dan berinterelasi
·         Komponen-komponen :
o   Materi
o   Tujuan
o   Strategi
o   Metode
o   Media
o   Evaluasi

14 azas pembelajaran dasar pengembangan pembelajaran inovatif
1.      5 prinsip dalam pemenuhan hak anak yaitu :
a.       Non deskriminan
b.      Kepentingan terbaik bagi anak
c.       Hak untuk hidup dan berkembang
d.      Hak atas perlindungan
e.       Penghargaan terhadap pendapat anak
2.      Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi kedalam otak siswa
3.      Belajar merupakan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri.
4.      Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif
5.      Untuk  bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan dan membahasnya dengan orang lain.
6.      Aktif belajar pada diri siswa bercirikan :
a.       Yang saya dengar, saya lupa
b.      Yang saya dengar, lihat dan pertanyakan atau diskusikan dengan orang lain, saya mulai paham
c.       Yang saya dengar dan lihat, saya sedikit ingat
d.      Yang saya dengar, lihat, bahas dan terapkan, saya dapat pengetahuan dan keterampilan
e.       Yang saya ajarkan keorang lain saya kuasai
7.      “john holt” proses belajar akan meningkat jika siswa diminta untuk melakukan hal-hal:
a.       Mengemukakan kembali informasi dengan kata-kata sendiri
b.      Memberi contoh
c.       Mengenalinya dalam bermacam bentuk dan situasi
d.      Melihat kaitan antara informasi dengan fakta
e.       Memprediksi sejumlah konsekuensinya
f.       Menyebut lawan atau kebalikannya
8.      Ada 9 konteks yang melingkupi siswa dalam belajar
a.       Tujuan
b.      Isi materi
c.       Sumber belajar
d.      Terget siswa
e.       Guru
f.       Strategi pembelajaran
g.      Hasil
h.      Kematangan
i.        Lingkungan
9.      Kata kunci pembelajaran agar bermakna
a.       Real world learning
b.      Mengutamakan pengalaman nyata
c.       Berfikir tingkat tinggi
d.      Berpusat pada siswa
e.       Siswa aktif
f.       Pengetahuan bermakna dalam kehidupan
g.      Dekat dengan kehidupan nyata
h.      Perubahan prilaku
i.        Siswa praktik, bukan menghafal
j.        Learning bukan teaching
k.      Pendidikan bukan pengajaran
l.        Pembentukan manusia
m.    Memecahkan masalah
n.      Siswa acting, guru mengarahkan
o.      Hasil belajar diukur dengan berbagai cara bukan hanya dengan tes
10.  Pembelajaran yang memperhatikan dimensi auditori dan visual, pesan yang diberikan akan menjadi lebih kuat
11.  Otak tidak sekedar menerima informasi, tetapi juga mengolahnya melalui membahas informasi dengan orang lain dan juga mengajukan pertanyaan tentang hal yang dibahas
12.  Otak kita perlu mengaitkan antara apa yang diajarkan kepada kita dengan apa yang telah kita ketahui dan dengan cara kita berfikir
13.  Proses belajar harus mengakomodasi tipe-tipe belajar siswa
14.  Resiproritas merupakan sumber motivasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengstimulis kegiatan belajar.

Pratikum
Pratikum merupakan strategi pembelajaran untuk membelajarkan bersama-sama kemampuan psikomotorik ( keterampilan ), kognitif ( pengetahuan ), dan afektif ( sikap), menggunakan sarana laboratorium.
Ranah kognitif
Dapat dilatihkan melalui :
1.      Memperdalam teori yang berhubungan dengan tugas pratikum yang dilakukan
2.      Menggabungkan berbagai teori yang pernah diperoleh pada problema yang nyata.
Ranah psikomotor
1.      Dapat dilatihkan melalui :
Memilih mempersiapkan, dan menggunakan seperangkat alat atau istrumen secara tepat dan benar.

Ranah afektif
-          Dapat dilatih melalui
1.      Merencanakan kegiatan mandiri
2.      Bekerja sama dalam kelompok kerja
3.      Disiplin dalam waktu dan prilaku
4.      Bersikap jujur dan terbuka
5.      Menghargai ilmunya.
Tugas guru pengelola pratikum
·         Merencanakan/mendisain
·         Melaksanakan/mengelola
·         Mengevaluasi
Agar sumber daya dapat berdayaguna secara efektif dan efisien, pengelolaan pratikum harus serius dan propesional.

Guru afektif
·         Berusaha membangkitkan partisipasi aktif siswa
·         Menghindarkan/mencegah siswa jadi penonton
·         Sikap positif dalam mengelola pratikum
·         Berusaha membangkitkan kemampuan siswa :
-          Berfikir kritis
-          Mencegah masalah
-          Mengembangkan keingintahuan dan aktifitas intelektual.
o   Mampu mengintegrasikan materi teori kedalam pratikum
o   Menyediakan modul/joobset
o   Mengawasi siswa secara intensif sehingga dapat mengatasi kesulitan yang mereka hadapi
Kegunaan pratikum
·         Melatih keterampilan siswa
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan secara nyata
·         Membuktikan atau menemukan suatu konsep secara ilmiah
·         Menghargai ilmu dan keterampilan yang dimiliki.


0 komentar:

Posting Komentar