Subscribe:

Rabu, 08 Februari 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Fakultas
:
TEKNIK
Jurusan/Program studi
:
Teknologi Informatika & Komputer (TIK)
Semester
:
1 (satu)
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator
:
ü Menjelaskan pengertian internet
ü Menjelaskan pengertian intranet
Alokasi Waktu
:
1 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
·     Menjelaskan pengertian internet dengan benar
·     Menjelaskan pengertian intranet dengan benar

2.      Materi Pembelajaran
·     Pengertian Internet/intranet

3.      Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan pendahuluan
·     Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran
·     Peserta didik membentuk kelompok diskusi (dua siswa)
2.   Kegiatan Inti
·     Masing-masing kelompok mengaktifkan Link Ilmu Komputer
·     Kelompok berdiskusi mengerjakan sesuai dengan LKS
·     Peserta didik dalam kelompoknya menemukan pengertian internet dan intranet
·     Kelompok membuat resume  tentang pengertian internet dan intranet
·     Melakukan presentasi kelompok (perwakilan 3 kelompok, kelompok lain menanggapinya)
  1. Kegiatan penutup
·   Menarik kesimpulan pengertian internet dan intranet

5.      Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, CD Ilmu Komputer.

6.      Penilaian
1. Teknik
      Tes tertulis (kelompok)
2. Bentuk Instrumen
            Uraian
3. Instrumen/Soal
      1. Jelaskan pengertian Internet!
      2. Jelaskan pengertian Intranet!                                             
                                                                                                     
                                                                                                Padang, 20 september 2010
      Mengetahui
      Kepala Sekolah SMP SITI HAJAR                                 Guru Mata Pelajaran TIK


      Rahmad Martuah, S.Sn                                                     Riska Indriana
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SITI HAJAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar
:
1.2.  Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
Indikator
:
1.      Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet / intranet
2.      Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
3.      Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dasar-dasar jaringan, peserta didik mampu :
·         Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet dengan benar
·         Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet dengan benar
·         Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
·         Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet

B.     Materi Pembelajaran
·         Dasar-dasar jaringan internet/intranet

C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 4 x 40’ )
1.   Kegiatan pendahuluan
·         Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/ intranet
2.   Kegiatan Inti
·         Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:
- internet
- intranet
·         Mengamati jenis - jenis jaringan dan topologi jaringan
·         Mengamati terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet
3.   Kegiatan penutup
·   Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·   Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

E.     Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, tayangan.

F.     Penilaian
1. Teknik
     Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
           Uraian

3. Contoh Instrumen
1.   Jelaskan berbagai jenis jaringan komputer?
2.   Sebutkan topologi jaringan yang ada?
3.   Berikan kesimpulan mengenai terbentuknya jaringan internet!




      Mengetahui                                                                      
                                                                                                Medan,  23 Juli 2009
      Kepala Sekolah SMP SITI HAJAR                                 Guru Mata Pelajaran


     
      Rahmad Martuah, S. Sn                                                    Mardiana, A. Md
     

                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP
:
SITI HAJAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (Sembilan) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
:
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet.
Indikator
:
-  Menjelaskan ukuran  kecepatan akses Internet.
-  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan
-  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
-  Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
Alokasi Waktu
:
6 x 40 `

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka dan observasi terhadap tayangan Internet, peserta didik mampu:
Ø  Mengetahui ukuran kecepatan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Menentukan ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
B.     Materi Pembelajaran
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet
Ø  Ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Keuntungan akses Internet yang cepat
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  ( 2 X 40 )
  1. Kegiatan pendahuluan.
Ø  Mengingatkan kembali materi dasar – dasar jaringan Internet.
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti.
Ø  Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet.
Ø  Melakukan akses internet dengan koneksi salah satu ISP untuk mengukur kecepatan akses internet.
Ø  Mengamatikan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Menganalisis keuntungan akses Internet yang cepat
  1. Kegiatan penutup.
Ø  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Ø  Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet.
           
E.     Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, lembar kerja, kamus TI, CD pembelajaran

F.     Penilaian
  1. Teknik
Tes tertulis
  1. Bentuk Instrumen
Uraian / pilihan ganda

  1. a) Contoh Instrumen
1) Jelaskan ukuran kecepatan akses Internet!
2) Identifikasi ukuran kecepatan akse internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
3) Jelaskan 2 faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
4) Jelaskan 2 keuntungan akses Internet yang cepat
5) Sebukan kecepata akses internet pada ISP;
a.       Indosat 3,
b.      Accesnet,
c.       Wasantara
6) Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet

b) Lembar Observasi Unjuk Kerja Siswa

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/8) X 10]
1
2
3
4
  1. Mendial up koneksi pada salah satu ISP.
  2. Menujukkan kecepatan akses ISP Telkomnet Instan






                                                                                      


      Mengetahui                                                                       Medan, 23 Juli 2009
      Kepala Sekolah SMP SITI HAJAR                                 Guru Mata Pelajaran




      Rahmad Martuah, S. Sn                                                    Mardiana, A. Md
     



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP
: SITI HAJAR
Mata Pelajaran
: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
: IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
: 1.4. Mengidentifikasi      perangkat    keras   yang   digunakan   dalam akses Internet / intranet
Indikator
: 1.4.1. Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
 1.4.2. Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
 1.4.3. Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet
Alokasi Waktu
6 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:                         
Ø  Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
Ø  Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet
B. Materi Pembelajaran
Ø  Persyaratan perangkat keras Internet / Intranet.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ketiga  ( 2 X 40 )
  1. Kegiatan pendahuluan.
Ø  Menyampaikan kembali mengenai materi yang pernah ditayangkan  pada pertemuan pertama dan kedua 
  1. Kegiatan Inti.
Ø  Siswa dikelompokkan menjadi 8 , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa
Ø  Melakukan diskusi terhadap hasil pengamatan perangkat yang digunakan akses internet yang ditayangkan
Ø  Men yimpulkan hasil diskusi tentang nama-nama dan fungsi perangkat yang digunakan akses internet
Ø  Memberikan penjelasan / presentasi hasil diskusi tentang nama-nama dan fungsi  perangkat yang digunakan akses internet.
  1. Kegiatan penutup.
Ø  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Ø  Menarik kesimpulan tentang fungsi perangkat yang digunakan akses internet.
E. Sumber Belajar
Komputer, buku TIK kelas 9, lembar kerja, koneksi internet, Kamus TIK
F. Penilaian
  1. Teknik
Tes unjuk kerja
  1. Bentuk Instrumen
Tes identifikasi
  1. Soal / Instrumen
1.      Amati tayangan perangkat yang digunakan akses Internet !
2.      Sebutkan nama-nama  perangkat yang digunakan akses Internet !
3.      Jelaskan fungsi masing-masing perangkat yang digunakan akses internet !        

4.    Lembar  Identifikasi

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/32) X 100
4
3
2
1
Menunjukkan perangkat keras yang digunakan akses internet serta menjelaskan fungsinya masing-masing





1. Modem External





2. Modem Internal





3. Lan Card





4. Komputer





5. Kabel UTP ( Unshield Twist Pair )





6. Wireles adapter





7. Konektor RJ 45





8. Switching





Jumlah





                                                                                                                                               

      Mengetahui                                                                       Medan, 23 Juni 2009
      Kepala Sekolah SMP SITI HAJAR                                 Guru Mata Pelajaran




      Rahmad Martuah, S. Sn                                                    Mardiana, A. Md



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP
: SITI HAJAR
Mata Pelajaran
: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
: IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet
Kompetensi Dasar
: 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet
Indikator
: - Menguraikan cara-cara penyambungan Internet/Intranet.
  - Melakukan sambungan Internet menggunakan Dial Up
Alokasi Waktu
4 x 40 `

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Ø  Dengan melalui studi pustaka dapat menjelaskan beberapa cara sambungan Internet.
Ø  Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial Up.
Ø  Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab komputer secara Dial Up.
B. Materi Pembelajaran
Ø  Penyambungan Internet / Intranet.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan           : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  ( 2 X 40 )
1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses Internet.
2.Kegiatan Inti.
Ø  Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan Internet.
Ø  Menanyakan contoh sambungan internet/intranet.
Ø  Mengerjakan lembar kerja.
3.Kegiatan penutup.
Ø  Melakukan refleksi bersama tentang pelajaran yang sudah disampaikan.
Ø  Membuat kesimpulan .
Ø  Memberi tugas.

Pertemuan Kedua  ( 2 X 40 )
1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Mendiskripsikan tugas minggu lalu.

2. Kegiatan Inti.
Ø  Pesrta didik membentuk kelompok.
Ø  Melakukan penyambungan Internet secara Dial Up.
Ø  Memandu kelompok yang mengalami kesulitan tentang penyambungan Dial Up antar kelompok dengan guru..
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa.
.
3. Kegiatan penutup.
Ø  Mendikripsikan kembali langkah-langkah tentang penyambungan Dial Up.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet/intranet


F. Penilaian
1.      Teknik
Observasi
Unjuk kerja

2.      Bentuk Instrumen
Lembar Observasi
Uji prosedur

3.      Soal/ Instrumen
Observasi
1.      Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan Dial Up !

            Uji prosedur
1.      Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial Up.

Lembar Observasi

Instrumen
Skala Kuantitas
Nilai 1
[(Jumlah/12) X 100
1
2
3
4
Melakukan setting Dial Up





  1. Klik 2 kali (double klik) My Computer kemudian double klik icon dial networking.
  2. Kemudian double klik Make New Conection.
  3. Ketik nama provider pada type a name for the computer you are dialing, misalnya telkomnet kemudian tekan next, maka computer akan minta telepone number beserta area code dan country or region code-nya. Nomor telepone telkomnet adalah 080989999, kemudian tekan next dan selanjutnya tekan finish.





                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
      Mengetahui                                                                       Medan, 23 Juli 2009
      Kepala Sekolah SMP SITI HAJAR                                 Guru Mata Pelajaran




      Rahmad Martuah, S.Sn                                                     Mardiana, A. Md




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SITI HAJAR
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2.      Menggunakan Internet untuk memperoleh Informasi
Kompetensi Dasar
:
2.1.   Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
Indikator
:
·     Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet
·     Mengidentifikasi menu dan fungsi icon pada program internet explore
·     Melakukan penelurusan alamat Web
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
·     Memahami perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
·     Memahami menu dan fungsi icon program Expllore
·     Mengunjungi alamat situs
·     Memahami  situs yang menyediakan search engine
·     Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

  1. Materi Pembelajaran
Akses Internet
·     Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet ( Explore software)
·     Alamat situs Web
·     Search Domain

  1. Metode Pembelajaran
Pedekatan Model Contekstual Teaching Learning (CTL) dan life skill

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1.   Kegiatan pendahuluan
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran
·     Memotivasi siswa
2.   Kegiatan Inti
·     Menayangkan  beberapa contoh cara mengoperasikan perangkat lunak Explore
·     Siswa membentuk kelompok diskusi
·     Menjalankan dan mengamati perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
·     Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
·     Melakukan kunjungan ke salah satu web.
·     Mengerjakan lembar kerja
3. Kegiatan penutup
·     Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·     Menarik kesimpulan tentang pemelajaran perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1.       Kegiatan Pendahuluan
·     Motivasi dan Apersepsi (dideskripsikan)
2.   Kegiatan Inti
·     Peserta didik membentuk kelompok diskusi
·     Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang situs yang menyediakan search engine

0 komentar:

Posting Komentar